Tuesday, May 14, 2013

Filosofi Tata letak candi Prambanan

siapa sih yang ngak kenal ama candi yang satu ini, candi prambanan? Candi yang beralamat di Sleman, Yokyakarta ini konon katanya adalah candi kutukan dari Puteri yang cantik yang bernama Roro Jonggrang, tapi sahabat sejaarah taugk sih kenapa bangunan candi ini berbentuk seperti tersebut....?
candi tersebut mempunyai makna yang bisa ditafsirkan lho...
dan saya akan menjelaskan apa makna dari gaya bangunan candi tersebut....
candi prambanan didirikan pada masa pemerintaan dinasti sanjaya
, di daerah jawa timur, dan dari gaya bangunan candi prambaanan sangat terlihatlah bagaimana cara pemerintahan dinasti sanjaya pada masanya, candi-candi kecil didepan dan tiga candi besar terletak dibelakang candi-candi kecil tersebut. dan maknanya dari candi-candi kecil tersebut adalah daerah-daerah taklukan sedangkan candi besar adalah pemerintahan pusat. dan kenapa candi besar dibelakang candi-candi kecil? maka saya mencoba menganalisa bahwa candi kecil itu adalah wilayah taklukan memiliki struktur pemerintahan sendiri tapi tetap tunduk kepada candi yang besar yang berarti pemerintahan pusat sebagaimana yang telah disebutkan oleh saya diatas.
maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dinasti sanjaya adalah suatu kerajaan yang memiliki kawasan atau taklukan yang luas tapi sangat longgar dengan daerah taklukannya dan mempercayai pemimpin-pemimpin daerah taklukannya tersebut dengan Otoda-otodanya sendiri.
begitulah filosofi gaya bangunan candi prambanan, semoga bermanfaat bagi pembaca...

0 comments: